Menuju Sekolah Adiwiyata 2012

Pengertian dan Tujuan Program Adiwiyata

Program Adiwiyata adalah salah satu program Kementrian Negara Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkingan yang negatif. Dalam pelaksanaannya Kementrian Negara Lingkungan Hidup bekerjasama dengan para stakeholder, menggulirkan Program Adiwiyata ini dengan harapan dapat mengajak warga sekolah.

Kata ADIWIYATA berasal dari 2 kata Sansekerta “ADI” dan “WIYATA”. “ADI” mempunyai makna : besar, agung, baik, ideal atau sempurna. WIYATA mempunyai makna : tempat dimana seseorang mendapat ilmu pengetahuan, norma dan etika dalam berkehidupan sosial. Jadi, ADIWIYATA mempunyai pengertian atau makna : Tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita dan menuju kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan.

Menumbuhkan budaya peduli lingkungan perlu dilakukan sejak dini, tak terkecuali di sekolah-sekolah tingkat dasar. Berangkat dari kenyataan inilah, sejak dua tahun belakangan Kementerian Lingkungan Hidup menggulirkan program Adiwiyata. Tak lain, program lingkungan yang ditujukan untuk mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah untuk melestarikan lingkungan.

SMPN 1 Tumpang Menuju Sekolah Adiwiyata

Sudah seharusnya sekolah dijadikan motor penggerak untuk menumbuhkan pendidikan berbasis lingkungan. Tentunya metode-metode pengajarannya disesuaikan dengan sistem yang sudah ada di sekolah, jelas Kepala Sekolah SMPN 1 Tumpang usai membuka sosialisasi dan pembinaan program Adiwiyata tahun 2012 pada pertemuan di ruang guru beberapa hari lalu. Untuk tahun ini, SMPN 1 Tumpang sudah diajukan ke pusat untuk mengikuti perlombaan kegiatan satu ini. Sebagai salah satu program kompetisi sekolah peduli dan berbudaya lingkungan tingkat nasional ini, salah satu tujuan Adiwiyata tak lain untuk mengurangi dampak negatif efek kerusakan lingkungan di masa mendatang.

Keinginan SMPN 1 Tumpang menuju sekolah Adiwiyata tak lepas dari komitmen sekolah untuk mengimplementasi kepedulian dan budaya lingkungan di sekolahnya. Memang secara fisik tak ada yang beda ditemukan di sekolah tersebut, tapi bila ditelusuri ke dalam ternyata ada yang menarik ditemukan. Saat ini siswa SMPN 1 Tumpang kurang mampu mendaur ulang limbah-limbah plastik seperti bungkus-bungkus permen, gelas bekas minuman, dan lainnya. Limbah itu dibiarkan lalu berakhir di tempat pembuangan akhir lalu dibakar, tentu saja sedikit banyak asap yang keluar dari pembakaran sampah tersebut mengganggu aktivitas di sekitarnya. Maka tugas sekolah kedepan adalah menumbuhkan kreativitas siswa untuk menjadikan limbah2 yang ada didaur ulang menjadi bermanfaat. Kesadaran siswa juga masih kurang dalam hal membuang sampah, kepedulian terhadap tanaman disekitarnya belum pernah tersentuh oleh siswa sepenuhnya. Kesadaran Bapak Ibu guru juga menjadi perhatian Bapak Kepala Sekolah, dimana masih ada beberapa Bapak guru yang merokok di sembarang tempat. Kedepan akan diberikan ruangan khusus (smooking area) dan juga sudah terpasang slogan2 dilarang merokok di area pendidikan SMPN 1 Tumpang. Dan ada 3 B yang menjadi semboyan untuk menuju sekolah adiwiyata mandiri 2012, yaitu Be Clean, Be Green dan Be Smart.

Ada empat indikator dalam penilaian Adiwiyata, yakni pengembangan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, pengembangan budaya peduli lingkungan, kurikulum berbasis lingkungan, pengembangan kegiatan berbasis partisipatif. Lalu, pengembangan dan pengelolaan sarana pendukung sekolah. Nah, sebagai sekolah yang paling besar dan paling tua di wilayah Malang Timur apakah SMPN 1 Tumpang mampu mewujudkan sekolah Adiwiyata pada bulan Januari 2013 mendatang ? Jawabannya ada pada diri kita sendiri2, jika hati kita mau bergerak untuk peduli dengan lingkungan, maka tidak ada yang tidak mungkin. Jika Adiwiyata sudah sudah kita dapatkan itupun tidak hanya atasan saja yang bergerak lalu mendapatkan poin plus, karena semua ini tidak lepas dari kerjasama berbagai pihak jadi semua pihak berhak mendapatkan poin plus dari program ini. Mari kita laksanakan apa saja yang menjadi kewajiban kita untuk mewujudkan sekolah kita menjadi sekolah Adiwiyata 2012. (gm corner)

Semoga Sukses !

About these ads

4 gagasan untuk “Menuju Sekolah Adiwiyata 2012

  1. Sukses untuk Adiwiyata Mandiri 2012-nya mas. Semoga dgn pendidikan lingkungan yg ditanamkan sedini mungkin kpd para siswa, akan berbuah terpeliharanya lingkungan pada masa depan…

    • Eh ada mas noer ,,,
      udah lama saya ga berkunjung ke saudara yg satu ini.
      Terimakasih mas, kepedulian thdp lingkungan tidak hanya siswa saja yg berperan, semoga Bapak/Ibu gurunya peduli …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s