Kenari

KENARI YORKSHIRE

raja burung khayalanKenari Yorkshire dianggap sebagai salah satu kenari yang paling tua dan yang paling besar dari semua keturunan burung kenari, sejarah mencatat dari sejak tahun 1894. Di Inggris, di Yorkshire keturunan itupun dimulai.dan itu masih salah satu keturunan awal saja yang berhasil ditangkarkan oleh orang yang punya keahlian khusus. Kenari yorkshire akhirnya mulai membuat suatu tahapan di Amerika Serikat, di mana pada suatu waktu keberadaannya dianggap sebagai Yorkshires.

Kenari yorkshire dikenal sebagai “ Raja Burung khayalan”. Jika mempunyai penghormatan memandang pada sesuatu yang sempurna maka akan memandang burung itu sebagai patokannya mengapa Yorkshire dipanggil “ Raja Burung khayalan”. Adalah Mr. S.R. Emas Middlesex, Inggris, telah menggambar model Yorkshire yang ditunjukkan sebagai sosok ideal. Berikut adalah suatu uraian menyangkut Yorkshire. Sedemikian menonjolnya sehingga sesuatu yang dianggap sempurna itulah Yorkshire, berikut ini uraian yang merupakan suatu tanda dari “ Standard Keunggulan”.


KENARI F1

Sebelum bicara tentang ciri kenari F1, mungkin ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu apa makna F1 yang sering kita dengar dari mulut ke mulut. F1 merupakan kependekan dari “fillial” yang artinya adalah keturunan. Jadi untuk singkatnya, F1 = keturunan ke-1, F2 = keturunan ke-2 dan seterusnya. Untuk kasus F1 pada burung kenari, sebenarnya persoalan ini cukup bias di masyarakat. Akan tetapi, sudah sangat umum dan sepertinya sulit untuk merubah pemahaman tersebut.

koleksiOk, lanjut ke bahasan tentang ciri kenari F1. Apabila anda ingin mengenali ciri-ciri kenari F1, ada baiknya anda pastikan terlebih dahulu kenari jenis apa yang akan anda cari F1 nya. Seperti kita ketahui, kenari memiliki ragam yang cukup banyak. Sebagai contoh Yorkshire Canary, Russian Canary, Waterslager Canary, Lizard Canary dst. Hasil dari perkawinan dari masing-masing jenis tersebut adalah kenari F1. Dan untuk mengetahui ciri kenari F1 dari setiap jenis tersebut, tentu kita harus merujuk pada masing-masing jenisnya. Dan sudah tentu antara kenari satu dan yang lain tidak bisa di sama ratakan begitu saja. Sayangnya, pemahaman yang telah berkembang di masyarakat memang telah bias. Hampir semua penghobi mengamini bahwa kenari F1 adalah hasil dari perkawinan kenari impor jantan dengan kenari lokal betina, tidak peduli apa jenis kenari impor tersebut.

Oleh karenanya, jika anda termasuk orang yang ingin mengenal lebih lanjut tentang ciri-ciri kenari F1, anda tidak bisa serta merta menyamakan ciri kenari F1 Yorkshire dengan Gloster dan atau sebaliknya.

Untuk Ciri kenari F1 Yorkshire vs betina lokal, biasanya memiliki bodi yang cukup besar. Untuk Ciri kenari F1 Gloster vs betina lokal, biasanya memiliki bodi yang agak bulat. Untuk jenis-jenis kenari yang lain, silahkan merujuk pada ciri utama dari masing-masing jenis.

KENARI AF

koleksikuJenis keturunan yang sering disebut AF sebenarnya asing ditemui dalam istilah biologi dan bahkan mungkin tidak ada. Namun sudah terlanjur beredar umum dan setidaknya perlu dijelaskan bahwa kenari AF dihasilkan dari keturunan Filial F1/F2/F3 (bukan jenis fixed strain) dikawinkan dengan kenari lokal atau kenari non fix strain dalam 3 tingkatan ke depan. Dengan kata lain perkawinan sesama non fix strain akan menghasilkan keturunan yang disebut AF.

Kalau ada yang menambahkan tentang seputar kenari, silahkan ditambahkan komentar dan masukan (2 foto koleksi pribadi, kecuali yang …. yorkshire, masih belum punya doku buat beli yang sangar seperti itu).

3 thoughts on “Kenari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s