Ungkapan Hati Keyla

Berbagilah pada orang lain, sesuai cara yang kau suka …

Sebut saja namanya Keyla, dia punya ungkapan2 yang mendalam dari apapun yang dia lihat dan rasakan. Dia kurang suka menggambar, tapi percaya diri dalam bernyanyi bahkan lebih pintar dari anak seusia dia. Dia kurang suka berkompetisi dengan teman2 di sekolahnya.

Suatu ketika saya menemukan sebuah karya terbuat dari selembar kertas gambar yang dikerjakan di sekolahnya. Digambarkannya bulan sabit yang sama sekali kurang sempurna (menurut kita), namun sangat indah dan jujur maknanya. Dalam kegiatan lainnya dia juga membuat potongan2 kecil dari kulit telur, kemudian ditempelkannya pada gambar bulan sabit yang digambar sebelumnya.

Lalu gambar bulan sabit dan potongan2 kulit telur sudah menjadi sebuah karya.

Saya mencoba bertanya pada dia :

“Kenapa potongan2 telurnya ga ditempel semua pada gambar bulan sabitnya?

“Karena bulan sabit itu kan jauh kalau dilihat dari rumah kecil, jadi potongan2 telurnya sedikit saja, jawabnya dengan bahasa dia”

“Ayah saja menempel bagian ini (sambil menunjukkan tempat kosong pada gambar tadi)”

“Saya lantas berpikir kenapa dia tidak mau meneruskan pekerjaannya, malah saya yang disuruh menyelesaikan bagian yang belum terisi dengan potongan2 telur tadi”

“Saya mencoba untuk memberikan saran ke dia, kalau pekerjaan yang setengah2 itu akan menghasilkan karya yang kurang bagus…ayo dilanjutkan lagi menempelnya.

“Aku mau ayah yang melanjutkan,” kata2 itu terus muncul dari dia. Dari kata2 yang dia sampaikan rupanya rasa ingin berbagi dengan saya tidak bisa dihentikan.

“Jika anak anda pernah menginginkan sesuatu yang belum tercapai atau mustahil, jangan matikan rasa keinginan itu. perjuangkan meski hanya di atas kertas, seperti Keyla !”

Tinggalkan Balasan

