Potret RSBI Jawa Timur

smpn1tumpang

Sejak diberikan peluang dalam UU Sisdiknas untuk emndirikan minimal satu RSBI di setiap Kabupaten/ Kota, jumlah RSBI di Jatim saat ini mencapai 190 sekolah. Rincianya terdapat 23 SD, 66 SMP, 63 SMA dan 38 SMK. Hasil evaluasi yang dilakukan Kemendiknas beberapa waktu lalu menyebut, setidaknya enam RSBI di jatim tidak memenuhi standar. Tanpa menyebut nama sekolah, Lanjutkan Membacanyapihak Dinas Pendidikan Jatim hanya merinci pada tiga SMP dan tiga SMK. Kepada enam RSBI yang dimaksud, Dinas Pendidikan Jatim akan memberi toleransi sepanjang dua tahun untuk memperbaiki kualitas, bila tidak ada kemajuan keenamnya bisa ditutup.

Hasil evaluasi juga menyebutkan ada 21 SMP di Jatim yang memperoleh predikat sangat baik. Pada jenjang SMK ada 13 sekolah. Prestasi bagus diraih oleh jenjang SMA yang dinilai tidak ada satupun sekolah yang masuk kategori kurang baik. Hasil lain dari evaluasi tersebut, dari ratusan jumlah RSBI disebutkan tidak banyak yang bisa naik tingkat sebagai SBI. Direncanakan jumlah sedikit itu akan naik status dalam tiga tahun mendatang. Salah satu kendala yang masih dihadapi RSBI adalah kemampuan guru dalam menggunakan Bahasa Inggris sebagai pengantar pembelajaran. Karenanya pihak Dinas Pendidikan Jatim akan mengutamakan peningkatan kemampuan ini.

Lalu bagaimana dengan sekolah kita? yang notabene menyandang status SSN sedang menuju RSBI ? Kalau kita sudah mencapai semuanya termasuk memperoleh predikat baik kenapa tidak … SMPN 1 Tumpang go to RSBI.

Satu kendala yang masih dihadapi sekolah kita adalah kemampuan pendidik dan tenaga kependidikan dalam menggunakan Bahasa Inggris sebagai pengantar pembelajaran dan bahasa sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s