Lesson Study

LATAR BELAKANG
Mutu guru sangat penting di dalam meningkatkan mutu pendidikan. Karena gurulah yang membuat segala kebijakan di dalam kelas termasuk perencanaan cara mengimplementasikan kurikulum. Dengan demikian pengetahuan, pengalaman, dan paradigma guru tentang pembelajaran akan sangat mempegaruhi apa yang terjadi di dalam kelas (dalam Ridwan Joharmawan, 2009).
Menurut Glenn (2000) (dalam Sri Rahayu : 2005) kemampuan mengajar yang berkualitas bukanlah bakat yang dibawa sejak lahir, tetapi kemampuan itu dapat dipelajari dan disempurnakan secara terus menerus. Ketrampilan mengajar khusus misalnya kemampuan untuk membedakan antara apa yang paling penting dipelajari oleh siswa atau apa yang paling sulit dipelajari oleh siswa, hanya dapat dipelajari melalui pelatihan, konsultasi, kolaborasi dan praktek langsung. Selain itu kualitas mengajar juga dipengaruhi oleh kemampuan guru mengusai materi bidang studi dengan baik. Hal ini berarti guru harus senantiasa meningkatkan mutu pembelajaran dengan terus belajar baik dalam penguasaan konsep maupun dalam meningkatkan kemampuan pedagogiknya.
Salah satu upaya meningkatkan kemampuan pedagogik guru yaitu dengan melaksnanakan lesson study. Lesson study  adalah bentuk kegiatan yang dilakukan oleh guru/ sekelompok guru yang bekerja sama dengan orang lain (dosen,  pengawas, guru mata pelajaran yang sama, atau guru yang lainnya) merancang kegiatan untuk meningkatkan mutu belajar siswa dari pembelaran yang dilakukan oleh salah seorang guru dari perencanaan pembelajaran yang dirancang sendiri/bersama, kemudian diobservasi oleh guru lain dan setelah itu mereka melakukan refleksi bersama atas hasil pengamatan pembelajaran yang baru saja dilakukan.
Kegiatan Lesson Study berbasis sekolah merupakan sarana yang tepat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas dan dapat meningkatkan mutu sekolah. Kegiatan Lesson Study yang pertama dilaksanakan tanggal 13 Nopember 2011 dengan guru model Ana Widiati, S.Pd.

Narasumber           : DR. Ibrahim, Msi
Pengawas             : Dra. Sumiyati, Dra. Kholifah, Drs. Joko
Guru                     : 51 guru SMP Negeri I Tumpang
Undangan             : Kepala UPTD kec Tumpang, dan 8 kepala sekolah se sub rayon Tumpang

Untuk kegiata lesson study yang kedua dilaksanakan tanggal 14 Januari 2012 sebagai guru model adalah Herlin Erawati, S.Pd selaku guru mapel IPS (Ekonomi) dan Deddy Verwey, S.PdI selaku guru mapel Pendidikan Agama Islam.

TUJUAN:

Untuk mensosialisasikan kegiatan lesson study kepada seluruh guru mendapatkan berbagai masukan selama kegiatan lesson study yang telah dilakukan mengembangkan hubungan kolaboratif  di antara para guru mampu secara kolektif membuat perubahan dan meningkatkan kualitas pembelajaran guru yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas sekolah. (Negsat Corner)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s