FLS2N 2012

Ajang yang merupakan media bagi anak yang mempunyai potensi di bidang seni sebenarnya diadakan rutin setiap tahun, tetapi tidak semua sekolah mengikutsertakan siswanya dalam kegiatan tahunan tersebut. Untuk seleksi tingkat Kabupaten Malang jadwalnya akan dilaksanakan pada tanggal 10 Mei 2012 namun ternyata dimajukan pada tanggal 28 April 2012. Praktis banyak sekolah yang tidak siap untuk mengirimkan wakilnya.
SMPN 1 Tumpang yang memiliki potensi besar di bidang seni berusaha maksimal untuk mengirimkan wakilnya. Ada beberapa bidang yang diikuti dan optimis dapat bersaing dengan peserta sekolah lain, antara lain :

  1. Lomba kreatifitas seni tari
  2. Lomba desain motif batik
  3. Lomba lukis

Dari hasil yang didapat setelah menyisihkan rival-rivalnya yang cukup ketat dan bersaing dengan sekolah favorit dari SMPN Kepanjen dan juga sekolah lainnya, hasilnya cukup memuaskan jika dilihat dari singkatnya persiapan dan latihan yang dilakukan oleh siswa.
Seni lukis cukup banyak pesaingnya dan peserta sangat banyak, hal ini mengingat guru-guru seni yang paling di Kabupaten Malang adalah lulusan seni rupa sehingga sangat berpengaruh terhadap banyaknya jago-jago yang berkualitas. Seni desain motif batik sangat mengandalkan kemampuan siswa dalam mengolah bentuk yang ada di lingkungan menjadi motif-motif yang nantinya harus bisa diaplikasikan menjadi kain batik.
Lomba kreaitifitas tari, peminatnya tidak banyak. Hal ini disebabkan karena dalam satu group harus ada minimal 5 anak, merupakan kesulitan tersendiri yang harus dihadapi oleh pembina tari di masing-masing sekolah serta biaya yang cukup besar juga kendala yang klasik yang selalu dihadapi.
Beruntung sekali SMPN 1 Tumpang memiliki pembina tari dan sekaligus pemilik sanggar Cokro Buwono yang bertempat di Desa Baran Glagahdowo Tumpang, yang selalu eksis menciptakan tari dengan nuansa gerakan-gerakan baru. Lulusan seni tari Universitas Malang yang sekarang sedang menyelesaikan program S2 seni tari di Unesa Surabaya ini memang profil seniman sejati yang pantang menyerah untuk membina siswanya baik di sekolah sendiri maupun di sanggar miliknya. Bahkan disetiap kegiatan di Malang Raya bahkan diluar daerah selalu diikuti, wajar sekali kedepan dia dilirik untuk menjadi tulang punggu seni budaya di SMPN 1 Tumpang.
Siswa yang dikirim pada lomba yang diadakan di SMPN 1 Kepanjen ini diadakan oleh guru-guru seni budaya yang bergabung dalam MGMP seni budaya Kab. Malang dan memperoleh hasil sebagai berikut :

  1. Afifah Nur Maulida sebagai Juara 2 Lomba Seni Lukis
  2. Cindy Wulandari sebaai Juara 2 Desain Motif Batik
  3. Kelompok Tari Adhara Gandes SMPN 1 Tumpang sebagai Juara 3 lomba Kreatifitas Tari (Nanda Saskia Zahro, Siti Khowiyah, Carita Ayu Maulidia, Ananda Silvi Ayu Eka, Dini Anisa)

Ika wahyu pemilik sanggar merupakan salah satu yang cukup eksis di Tumpang telah banyak menghasilkan tari-tari kreasi baru dan sekaligus melayani permintaan tari kreasi baru dan tari garapan dari para pejabat-pejabat, para petinggi di Malang Raya. Meskipun banyak permintaan namun sebagai seniman murni dia sangat menguatamakan originalitas dalam setiap karyanya serta bentuk perenungan yang mendalam jika ingin menghasilkan karya yang bermutu. Tapi kalau banyak event, lumayan juga amplopnya bisa buat beli makeup siswa, bagi dong Bu”. dan juga sembako” Weehhhh..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s