Untuk Kita Renungkan

Pukul lima sore saya melakukan sebuah perjalanan menuju Kota. Maklum rumah yang jauh dari keramaian membuat hati ini sudah tidak sabar melihat apa yang terbaru di Kota tercintaku, Malang. Di Tengah perjalan aku dikejutkan oleh sebuah keramaian, setelah aku berhenti sejenak ternyata ada sebuah pertunjukan ajang berbakat yang diadakan oleh LA Light Streetball.

Kota Malang sempat dikenal sebagai gudangnya insan olahraga. Tak heran jika Kota Apel ini ditunjuk sebagai tuan rumah ajang basket LA Lights Streetball 2012. Kota Malang kembali menjadi tuan rumah untuk kota pertama putaran Open Run LA Lights Streetball tahun 2012. Kota yang telah melahirkan jagoan-jagoan streetball berkelas Allstar seperti Gandi AKA Nasty G (Allstar Nasional 2006, 2008-2010), Tosa AKA Show Off (Allstar Nasional 2006, 2010), Brian AKA Shifty (Allstar Nasional 2008), dan masih banyak lagi jagoan lainnya, diharapkan akan kembali memperlihatkan permainan streetball terbaik di kota ini. Kota ini juga memiliki salah satu komunitas streetball terbesar di Indonesia yang masih eksis sampai sekarang, yaitu GoStreem. Bertahun-tahun, GoStreem selalu keluar menjadi juara di Open Run Malang, dan sepertinya, tahun ini mereka kembali akan mempertahankan gelar “undefeated” tersebut. Do you think it’s still possible? Atau bakalan ada juara baru tahun ini? Well, hanya anak-anak GoStreem lah yang dapat menjawab dan membuktikannya sendiri.

Kembali pada cerita saya …

Suasana disini cukup panas, bukan karena matahari tapi dikarenakan suasana yang ada membuat hati berdetak kencang. Berbagai suguhan atraksi yang dilakukan oleh anak-anak muda mulai dimulai. Musik yang hingar bingar, Dancer, Streetballers, tidak lupa juga penampilan gadis-gadis SPG yang cantik-cantik telah disiapkan untuk menarik pengunjung, dan masih banyak lagi.

Dari kejauhan aku mencoba memperhatikan seorang anak muda laki-laki, yang ikut dalam kegiatan ini. Setiap kali teman-temannya menunjukkan aksi dia hanya diam dan tidak pernah beranjak sedikitpun dari tempat duduknya, hanya melihat semua tingkah polah teman-temannya sambil sesekali dia bercanda dengan orang disampingnya. Akupun penasaran dan memperhatikannya sambil sesekali aku melihat kearah yang lain.

Pukul 06.00 terdengar suara adzan dan tidak lama kemudian para pemuda yang sedang melakukan atraksinya sedikit demi sedikit mulai meninggalkan arena. Pemuda yang tadinya tidak bergerak kini mulai beranjak dari tempat duduknya. Ya Allah, ternyata dia kehilangan salah satu kakinya. Kini rasa penasaran itu sudah terjawab, dia kehilangan salah satu kakinya. Tapi aku melihat dari raut wajahnya dia adalah anak yang supel, mempunyai banyak teman dan sangat percaya diri dengan keadaannya. Ini terbukti saat mau sholat Maghrib dia tetap memenuhi kewajibannya sebagai umat Islam, Sholat … Subhanallah …

Antrian untuk mengambil wudhu pun mulai dipenuhi orang, meskipun aku dalam antrian paling belakang aku harus sabar untuk menjalankan kebaikan ini dan berbudaya antri. Tidak ketinggalan pula dia dengan segala keterbatasan mengikuti dengan tertib antrian ini. Ketika masuk ke dalam mushola, saat sholat maghrib berlangsung aku tepat berada di belakang dia. Sebelumnya aku sempat memperhatikan teman-temannya, yang tadinya menikmati hiruk pikuk acara hanya sedikit yang melaksanakan kewajiban sholat ini. Selesai sholat aku masih memperhatikan dia, akupun salut dengan perjuangan dia. Do’a yang dia panjatkan diakhir sholat tidak lupa dia panjatkan sampai orang-orang disekelilingnya meninggalkan tempat dan hanya tinggal dia seorang diri di dalam mushola … Subhanallah …

Kenapa dia dengan kekurangannya mau melaksanakan kewajiban ini, tapi tidak dengan teman-temannya? Apakah mereka tidak pernah mensyukuri nikmat Allah yang telah memberikan kesempurnaan diri. Yang telah Allah berikan selama ini ? Kenapa mereka tidak pernah membayangkan jika dirinya menjadi seperti teman kita ini. Hmm … semuanya kembali kepada diri kita sendiri, hidup ini indah teman … masih banyak hal-hal yang baik yang harus kita lakukan dari pada memikirkan kepentingan yang tidak ada manfaatnya.

Semoga perjuangan teman kita diatas tadi semakin mempertebal keimanan kita sebagai umat manusia, dan semoga di ajang tahunan ini saya menemukan kembali peristiwa-peristiwa yang bisa diposting di blog saya yang sederhana ini.

(gm_corner)

2 thoughts on “Untuk Kita Renungkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s