JEMBLEM

Jajanan Masa Kecil Yang Terlupakan

Masih ingat kue jemblem ? Jemblem adalah kue yang berbahan baku yang terbuat dari singkong dan kelapa  yang diparut dan dibumbui garam secukupnya lalu diaduk dan dibentuk menjadi bulatan seperti bola pimpong, tengah-tengahnya dberi gula jawa/gula merah, jadilah kue jemblem.

Jemblem adalah jajanan makanan semasa kecil saya dulu. Dan jajanan jemblem sJemblems_2ering saya dapatkan di sekolahku sejak saya duduk di bangku SD. Hingga sekarang, kue jemblem sulit sekali saya dapatkan di warung-warung, apalagi di warung-warung sekolah semasa kecil jarang saya dapatkan. Kalaupun ada, kue makanan rakyat ini hanya ada di warung di pelosok desa terpencil seperti di desaku.

Malang adalah kota yang dingin, jadi untuk sekedar menghangatkan badan tidak ada salahnya mencoba jajanan yang satu ini. Jemblem, masyarakat menyebutnya jajanan masa kecil yang terlupakan, sebab warung-warung di kota-kota zaman sekarang hanya menyajikan kue-kue modern yang tidak jarang berbahan kimia untuk kepentingan pengawetan. Jadi, untuk bisa memperoleh kue jemblem kita harus membuat sendiri di rumah yang bahan bakunya dari singkong dan gula merah. Termasuk Ibuku, beliau adalah sumber inspirasi untuk membuat tulisan di blog sederhana ini tentang jemblem. Jadi untuk mendapatkan jajanan jemblem ini saya tidak perlu repot2 mencarinya karena Ibuku membuat jajanan ini sendiri, silahkan mampir saja kerumah ibuku untukJemblems mencoba jajanan ini n dijamin Maknyussss.

Walaupun namanya berbeda tapi kudapan ini banyak juga hadir di daerah lain di Indonesia. Jemblem adalah nama jajanan asli Jawa Timur yang terbuat dari singkong parut dan diisi dengan gula merah. Di Jawa Barat sajian ini biasa disebut misro di Jawa Tengah biasa disebut dengan klenyem … 

To the people who gave me the motivation … MOTHER,
How are you today? Here is a note from your son …
Many things happened while I was live …

7 thoughts on “JEMBLEM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s