Halal Bi Halal SMPN 1 Tumpang

Hari Raya Idul Fitri telah berlalu, namun suasana untuk saling memaafkan masih harus kita sempatkan kepada keluarga kita, saudara, teman, bahkan terhadap orang yang jauh sekalipun. Makna Idul Fitri bagi kami, khususnya keluarga besar SMPN 1 Tumpang biasanya selalu diadakan kegiatan keluarga. Salah satunya adalah berkunjung ke rumah2 para guru dan juga karyawan sekolah dengan cara bersilaturahmi, yang dikenal juga dengan “halal bi-halal”, memohon maaf dan keampunan kepada mereka.

kepsek smpn 1 tumpang

Bpk Kepsek mau m’bawakan sebuah lagu ,,, dengan judul ‘sambutan’

Kebetulan pada momen perayaan lebaran tahun ini keluarga besar SMPN 1 Tumpang mengadakan open house yang bertempat di rumah Ibu Sunarsih. Beliau merupakan salah satu Staf di sekolah ini yang memegang peranan penting dalam kegiatan sekolah sehari-hari dalam bidang sarana dan prasarana, sebagai Waka Sarpras.
Acara yang diadakan pada tanggal 1 September 2012 kami lakukan setelah PBM di sekolah kami berakhir, yakni pukul 10.00 WIB. Sebagai tenaga pendidik, tanggungjawab terhadap anak didik kami tetap kita laksanakan meskipun harus berbenturan dengan kegiatan ini. Itu semua tidak lain bertujuan untuk peningkatan mutu anak2 kami, khususnya di SMPN 1 Tumpang.

Pemberian tali asih kepada Bpk Saswoto yang memasuki masa pensiun

Acara yang berlangsung dengan lancar ini, diawali dengan sambutan oleh Bapak Kepala Sekolah, Drs. Abdul Rozaq, M.Pd. Beliau berpesan dalam kegiatan silaturahmi ini, mari kita menciptakan suasana sekolah yang nyaman, saling menjaga kebersamaan diantara guru, karyawan, siswa dan semua pihak sekolah. Mengingat pada awal Januari nanti sekolah ini akan menjadi sekolah Adiwiyata tentunya tanggung jawab yang sangat besar yang harus kita pikul bersama-sama.

Acara dilanjutkan dengan tausyah yang disampaikan oleh Ustad Achmad Alfian, dalam ceramahnya Ustad yang baru saja menyelesaikan pendidikan di Pondok Modern Darussalam Gontor ini berkisah tentang Nabi Ayub dengan kesabarannya.

Mencoba belajar gaya …

Allah telah menceritakan dalam kitab-Nya dan memuji Nabi Ayub dengan berbagai sifat yang terpuji secara umum dan sifat sabar atas ujian secara khusus. Allah telah mengujinya dengan anaknya, keluarganya dan hartanya, kemudian dengan tubuhnya. Allah telah mengujinya dengan ujian yang tidak pernah ditimpakan kepada siapa pun, tetapi ia tetap sabar dalam menunaikan perintah Allah dan terus-menerus bertaubat kepada-Nya.

Ketika Nabi Ayub menderita penyakit kronis dalam jangka waktu yang cukup lama, dimana sahabat dan keluarganya telah melupakannya, maka ia menyeru Rabbnya, “(Ya Rabbku), sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang.” (Al-Anbiya’: 83).

Kalau yang ini adalah mantan guru saya, sekarang jadi partner kerja

Dikatakan kepadanya, “Hantamkanlah kakimu; inilah air yang sejuk untuk mandi dan minum.” (Shod: 42). Nabi Ayyub AS menghantamkan kakinya, maka memancarlah mata air yang dingin karena hantaman kakinya tersebut. Dikatakan kepadanya, “Minumlah darinya serta mandilah.” Nabi Ayyub AS melakukannya, maka Allah Ta’ala menghilangkan penyakit yang menimpa bathinnya dan lahirnya.
Kemudian Allah mengembalikan kepadanya; keluarganya, hartanya, sejumlah ni’mat serta kebaikan yang dikaruniakan kepadanya dalam jumlah yang banyak. Dengan kesabarannya itu maka ia merupakan suri teladan bagi orang-orang yang sabar, penghibur bagi orang-orang yang mendapat ujian atau ditimpa musibah serta pelajaran berharga bagi orang-orang yang mau mengambil pelajaran. Kemudian Ustad Achmad Alfian melanjutkan tausyahnya dengan makna silaturahmi, merupakan ibadah yang sangat agung, mudah dan membawa berkah. Kaum muslimin hendaknya tidak melalaikan dan tidak melupakannya. Sehingga perlu meluangkan waktu untuk melaksanakan amal shalih ini.

Sebagai acara penutup ada satu moment yang membuat keluarga besar kami, khususnya SMPN 1 Tumpang terharu. Bapak Saswoto, beliau adalah petugas di Perpustakaan sekolah yang telah melewati masa pensiun. Dengan masa pengabdian kurang lebih dua puluh lima tahun beliau mencurahkan tenaga, pikiran serta harapan yang sangat besar terhadap kemajuan perpustakaan di sekolah ini. Selamat jalan pak Saswoto, semoga amal bakti Bapak selalu mendapatkan ridho dari Allah SWT.

(gm_corner)

5 thoughts on “Halal Bi Halal SMPN 1 Tumpang

    • Terima kasih dah berkunjung,
      Tumpang itu di Malang mbak.
      Buat mbak El n suami, kalo pingin mengabadikn momen tempatnya disini.
      Tempat tinggal saya tidak jauh dari Bromo Tengger Semeru,,,gmn?saya tunggu di kota dingin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s