Kawedanan Tumpang, Riwayatmu kini …

Kawedanan adalah wilayah administrasi kepemerintahan yang berada di bawah kabupaten dan di atas kecamatan yang berlaku pada masa Hindia-Belanda dan beberapa tahun setelah kemerdekaan Indonesia yang dipakai di beberapa provinsi (misalnya Jawa Barat dan Jawa Timur). Pemimpinnya disebut wedana.

Kabupaten Malang dulu, saat masih 29 kecamatan dibagi menjadi 7 Kawedanan (Pembantu Bupati). Masing-masing berisi 4 s.d 5 Kecamatan. Untuk Kawedanan Tumpang meliputi Tumpang, Pakis, Poncokusumo dan Jabung. Tumpang adalah tempat tinggal saya, daerah yang dikenal sebagai barometer wisata di Malang Timur, karena letaknya yang cukup strategis. Keberadaannya terletak disebelah timur bandara Abd. Rahman Saleh dan di sebelah barat gunung Bromo serta ikon masyarakat setempat yaitu Candi Jago dan Candi Kidal, yang membuat wilayah ini selalu dikunjungi wisatawan asing maupun dalam negeri. Terdapat juga pusat oleh2 buah Apel yang terletak di Poncokusumo yang merupakan daerah wisata apel selain kota Batu. Bahkan daerah saya merupakan pos pendakian tempat berkumpulnya para pendaki gunung Semeru.

Tepatnya disebelah selatan pasar Tumpang terdapat sebuah bangunan lawas yang sudah tidak terpakai lagi fungsinya. Bangunan tersebut awalnya sebuah pendopo Kawedanan, masyarakat sekitar menyebutnya dengan Kawedanan Tumpang. Sebagian besar kegiatan desa Tumpang ada disini baik tentang kegiatan kepemudaan maupun kegiatan lain desa. Dulu, disini menjadi pusat kegiatan seni & olahraga pelajar dan karangtaruna, mulai dari lomba puisi, tari, basket, voli, dan juga klompencapir antar Kecamatan (saat SMP dan SMA dulu merupakan suatu kebanggan jika berada disini untuk mengikuti lomba). Tepat dibelakang bangunan ini, dulu adalah gedung SMA Negeri Tumpang (sekarang Puskesmas Tumpang).

Di depan pendopo Kawedanan Tumpang ini, dulu terdapat sebuah kolam dengan air mancur yang menjulang dan beberapa tanaman disekelilingnya. Kemudian kolam tersebut dipugar dan diganti dengan lapangan bola basket. Seiring perjalanan waktu bangunan ini semakin rentan dan tidak ada lagi yang memperhatikan. Lapangan basket di depan pendopo Kawedanan sekarang berganti menjadi bangunan pasar semi permanen, mengingat pasar Tumpang yang lama sudah mulai dilakukan renovasi. Justru kawedanan yang sudah tidak berfungsi ini sekarang beralih fungsi menjadi tempat gantangan atau tempat untuk ngontes burung2 berkicau. Semakin memprihatinkan kalau sebuah bangunan yang mempunyai nilai sejarah ini akan segera dihancurkan, sekarang mangkrak begitu saja.

Tapi, saya cuma bisa melongo saja, penulis hanya seorang manusia biasa. Terlepas dari itu semua dan apapun fungsi kawedanan berikutnya, tetap tidak boleh dilupakan. Semoga kita bisa mengingat kembali apa yang pernah masyarakat Tumpang miliki untuk sebuah bangunan bersejarah. Anak Tumpang tidak boleh melupakan keberadaan tempat ini, pendopo “Kawedanan Tumpang”.

Pada masa kini kawedanan sudah dihapuskan namun posisi wedana di beberapa tempat masih diisi oleh pejabat yang disebut Pembantu Bupati yang tidak memiliki kewenangan pengambilan keputusan. Wilayah kerjanya disebut Wilayah Pembantu Kabupaten.

Mohon untuk diberikan saran dan masukan tentang tulisan saya kali ini. Karena penulis mendapatkan informasi tentang kawedanan Tumpang hanya dari beberapa sumber, termasuk orang2 yang pernah berada disini. Silahkan meninggalkan komentar …

[gm_corner]

4 thoughts on “Kawedanan Tumpang, Riwayatmu kini …

  1. nih jg tempat kebanggaan smasa SMA saya waktu aktif di Pramuka dan PMR dulu sam,.
    sring di jadiin Pos giat dsini, soalnya luas dan nyaman tempatnya.

    Alumnus Prajadita ’06

    • Miris ya mas, orang Tumpang pasti dulu banyak yang memiliki kenangan disini.
      Eh, kalau malam hari katanya dibelakang arena tenis sering dipakai muda-mudi mojok gelap2an .. benarkah itu ? haha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s