Home …

Siapa yang tidak suka tinggal di home atau rumah?

Kata home banyak digunakan dalam arti yang berbeda-beda. Home bisa diartikan sebagai rumah, home juga bisa diartikan sebagai istilah dalam dunia web design sebagai halaman depan dari sebuah situs. Tak hanya itu, kata home juga banyak dijadikan inspirasi sebagai judul lagu oleh sebagian besar pencipta lagu. Kata home yang diartikan sebagai rumah adalah sebuah tempat yang bisa memberikan inspirasi buat kita. Bahkan, sebagian besar aktivitas kita lakukan di home atau rumah ini. Jadi, wajar saja bila home atau rumah dijadikan sebagai inspirasi membuat lirik lagu. Home atau rumah adalah segalanya bagi kita, karena kita hidup dan dibesarkan di rumah. Sejauh apa pun kita pergi, tetap tidak bisa melupakan rumah, kita pasti kembali.

Ada banyak lirik lagu yang tercipta menggunakan judul home, atau lirik lagu yang menceritakan betapa home atau rumah adalah tempat yang selalu mendapat tempat khusus di hati. Banyak sekali yang terjadi di dalam rumah atau home ini. Bayangkan sejak kita dilahirkan hingga dewasa, rumah atau home yang menjadi saksi pertumbuhan dan kedewasaan kita. Jadi, tidak heran jika mengalami masalah, orang akan selalu ingat dengan rumah atau home. Seperti, berkelana ke negeri yang jauh, begitu merasa bosan kita akan teringat rumah, ketika kita sedang sedih karena suatu hal, kita cenderung untuk selalu berada di dalam rumah. Jadi, dengan rumah atau home semua orang bisa berbagi semua kisahnya, termasuk dalam sebuah lirik lagu.

Bila kita kumpulkan, ada banyak judul lagu atau lirik lagu yang menggunakan kata home. Tentunya setiap judul lagu dengan menggunakan kata home ini dibangun dengan kisah yang berbeda-beda. Meski banyak sekali judul lagu yang menggunakan kata home, tetap saja home menjadi judul lagu atau perumpamaan yang digunakan dalam lirik lagu. Simaklah salah satunya dibawah ini :

Kisah di Balik Lirik Lagu Berjudul Home by Michael Buble

Anda pasti tidak asing lagi bukan dengan lagunya Michael Buble yang berjudul “Home”? Lagu yang melankolis tersebut sangat enak didengar dan begitu sendu untuk dinyanyikan. Namun, sebenarnya lagu “Home” dari Michael Buble tersebut tidak hanya susunan lirik lagu saja, tapi memiliki makna yang mendalam bagi penyanyinya, Michael Buble. Lirik lagu Home dari Michael Buble, secara umum menyiratkan bahwa seseorang yang merindukan rumahnya. Namun sebenarnya, home bukanlah objek tunggal dalam lirik lagu tersebut, home dijadikan sebagai obat hati yang sedang dilanda kesedihan.

Lirik lagu Home tersebut menceritakan seseorang yang tengah patah hati ditinggal oleh sang kekasih, dia pergi dari satu kota ke kota lain, sampai musim silih berganti, tetapi pada akhirnya dia memilih untuk kembali ke rumah atau home untuk mengobati rasa sedihnya. Lagu Home yang dipopulerkan oleh Michael Buble tersebut sebenarnya ungkapan dari Michael Buble sendiri yang gagal membina hubungan dengan Emily Blunt. Tidak mau larut dalam kesedihan, Michael Buble mengungkapkannya dalam lagu yang berjudul Home.

Kisah di Balik Lirik Lagu Berjudul Home by Sheryl Crow

Ternyata bukan Michael Buble saja yang memiliki lagu yang berjudul Home, tetapi Sheryl Crow juga memiliki lirik lagu yang berjudul sama. Home di sini masih dijadikan sebagai orang kedua yang bisa membantu seorang wanita menyembuhkan luka hatinya. Lirik lagu Home milik Sheryl Crow mengisahkan kesedihan seorang wanita yang patah hati dengan sang pujaan hati. Namun, wanita tersebut memilih tetap berada dirumah dibandingkan harus melakukan perjalanan. Wanita tersebut sangat menikmati keberadaan di rumahnya meski pun sedang patah hati. Bahkan jika wanita itu keluar rumah, ia merasa sangat asing. Sehingga wanita itu memilih rumah sebagai terapi patah hatinya.

Kisah di Balik Lirik Lagu Berjudul Home by Westlife

Boyband asal Irlandia Westlife juga tak mau ketinggalan menggunakan judul Home untuk lagu dalam albumnya. Lirik lagu Home dari Westlife ini, juga mengisahkan kisah yang sedih, merasa rumahnya bukanlah sebuah rumah bila tidak ada belahan jiwa di dalamnya. Lagu Home milik Westlife mencerminkan ketidakberdayaan dan keterasingan seseorang di rumahnya karena belahan jiwa memilih untuk pergi. Kepergian belahan jiwa, membuat orang tersebut merasa rumahnya bukanlah rumah yang sesungguhnya.

Ketiga lirik lagu Home baik milik Michael Buble, Sheryl Crow dan Westlife menjadikan home atau rumah sebagai sebuah tempat yang memiliki banyak arti. Home atau rumah yang merupakan tempat berkumpulnya kasih sayang, membuat hati siapa pun tidak akan bisa berpaling darinya sekaligun kesedihan melanda. Namun, bukan berarti ketika kita sedih saja baru ingat dengan rumah.

Pada tulisan sebelumnya saya memilih lagunya Dream Theater yang berjudul Beneath the Surface sebagai lagu song of the week saya. Entah kenapa hari ini saya menjadikan lagu Home ini sebagai lagu pilihan saya. Dan saya sangat menyukai lagu yang dibawakan Michael Buble feat Blake Shelton ketika live diatas panggung bersama David Foster seorang produser dan eksekutif rekaman yang telah berkali-kali memenangkan Grammy Award.

Bagaimana dengan Anda, mau menambahkan lirik lagu yang berhubungan dengan home atau rumah ?

13 thoughts on “Home …

  1. Home itu memang beda sama house.
    Home mencakup kehangatan anggota keluarga. Ada cinta dan kasih sayang didalamnya.
    House hanyalah bangunan fisik saja. Sekalipun terbuat dari bilik, dengan cinta dan kasih sayang house akan bisa menjadi home…

    *halaaahh… opo to iki…..*

    • Disinilah perasaan rindu dengan orang2 yg kita sayangi terasa banget mas …
      saya jg pernah merantau dan rasa rindu itu bagi saya kadang menyakitkan,
      Semangat mas n salam buat keluarga …

    • Ga’ salah Niar ?
      Biasanya anak seumur Niar paling suka ninggalin rumah lho ? apalagi kalau rindu sama pacarnya …
      wis kerinduan buat rumah jd nomor dua ,,,
      salam buat keluarga …
      … home sweet home …

    • Thanks ,,, Silahkan lagunya dipilih sesuai dengan suasana hati mas Bond, punya kisah menarik ya tentang home/ rumah dengan seseorang ?
      semoga kita selalu mencintai home atau rumah sendiri apapun itu bentuknya … salam kenal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s