Ada Apa Dengan Dion ?

Hari ini adalah hari pahlawan, postingan kali ini tidak jauh dari makna pahlawan itu sendiri. Menurut kalian apa arti pahlawan itu ? Pahlawan bukanlah orang yang memakai jubah dan bertuliskan huruf S didadanya, pahlawan bukanlah bertopeng dan mengangkat tangan kanannya ketika berubah wujud, pahlawan bukanlah manusia yang selalu super merampas harta orang2 kaya untuk dibagikan pada orang yang membutuhkannya.

Setiap orang harus berjuang untuk menjadi pahlawan. Karena itu, hari pahlawan tidak hanya pada 10 November, tetapi bisa berlangsung setiap hari dalam hidup kita. Setiap hari kita berjuang paling tidak menjadi pahlawan untuk diri kita sendiri dan untuk keluarga. Sebut saja Dion , seorang pria yang sedang menjalani kehidupan rumah tangga dengan Tari bisa kita jadikan contoh, Sejauh mana pengorbanan seorang Dion untuk keluarganya ?

Dion menjalani kehidupan rumah tangganya bersama Tari, sebelum dikarunia seorang anak perjalanan rumah tangganya berjalan normal2 saja tidak ada aral yang melintang dalam kesehariannya. Kebahagiaan mereka semakin terasa, saat 3 tahun usia pernikahannya dikaruniai seorang anak. Hingga usia anak mereka menginjak dua tahun, disinilah perselisihan itu terjadi. Kecurigaan Dion yang menganggap bahwa Tari menjalin affair dengan pria lain, tidak bisa ditutupi. Pria lain itu bernama Andri (mantan pacar Tari). Dionpun berusaha agar permasalahan ini tidak sampai meruncing, tentu menjadi laki2 yang bertanggung jawab dengan menyelamatkan bahtera rumah tangganya dari kehancuran.

Bukan mencari benar atau salah seorang Tari, tapi bagi Dion yang terpenting adalah segera keluar dari segala jerat pria lain pada kehidupan Tari. Dua tahun dari peristiwa pedih yang dialami Dion, justru Tari semakin menjadi-jadi. Dion yang selama ini hanya mendengar dari cerita orang tentang kebodohan dan kecerobohan Tari, kali ini dia melihat di depan mata bahwa Tari menggandeng pria lain. Tak bisa dipungkiri bahwa Dion saat itu seperti pahlawan yang membela mati2an berbekal keberanian untuk sebuah kebenaran.

Plakk ,,, ( pengecut !!! ) … satu pukulan diarahkan kerahang kiri Andri mendarat dengan cepat seperti petir. Seketika itu Andri kaget, dan apapun alasan mereka berdua tidak bisa ditoleransi oleh Dion. Sekali pengecut tetap pengecut … Tidak bisakan kamu Andri meminta dengan baik seorang Tari kepada orangtuanya ? kepada orang2 yang selama ini kamu hancurkan kehidupannya ? Bisakah kalian berdua tidak menjadi pecundang yang selalu lari terbirit-birit akibat kecerobohan kalian !

Dion memegang jaket Andri, tangannya mengepal dan siap mendaratkan pukulan berikutnya kearah wajah Andri. Namun beberapa orang yang melihat kejadian itu sempat melerai keduanya. Tari saat itu hanya terdiam, sesekali dia memegangi lengan Andri seolah ingin segera menariknya dari Dion. Sikap Tari saat itu semakin menambah niat Dion untuk segera melepaskan Tari dari kehidupannya, manakala orang yang dicintainya tidak lagi peduli dengan pengorbanan Dion.

Demikian luhur niat Dion pada saat itu tanpa mengharapkan balas budi atau pujian dari siapapun. Suatu ketulusan yang sudah sangat sulit ditemukan saat ini, menerima dengan ikhlas keadaan Tari yang tidak mempedulikan nasib keluarganya. Dionlah pahlawan sejati yang sesungguhnya untuk seorang Ayah dan juga anaknya. Menjadi orang seperti Dion, lebih dimaksudkan sebagai pribadi yang jujur, pemberani dan rela melakukan apapun demi kebaikan dan kebahagiaan keluarganya. Semangat Dion adalah semangat cinta terhadap keluarganya, semangat bahwa keluarganya adalah segala2nya, keluarga yang tidak bisa dengan mudah disakiti oleh orang lain.

Tari dan Andri semakin tidak jelas nasibnya, mereka punya mimpi2 indah tentang kehidupan berikutnya dengan mengorbankan kebahagiaan keluarganya sendiri, namun dengan terbongkarnya niat busuk Tari dan Andri justru semakin menyudutkan keberadaan mereka, terlebih di lingkungan masyarakat. Mereka hanya menjadi seonggok sampah di lingkungannya dan selalu menuai cibiran orang2 sekitarnya. Sebuta itukah cinta ?

Itulah sedikit gambaran tentang keberanian untuk sebuah kebenaran yang dalam hal ini tentang kehidupan Dion dengan perjuangan yang sangat heroik untuk menyelamatkan kehidupan rumahtangganya. Iya, kadang semangat heroik atau kepahlawanan itu tidak harus berawal dari diri sendiri, tapi bisa dari seorang teman atau orang lain. Bagaimana denga Anda ? Apakah semangat pahlawan itu muncul pada diri sendiri atau muncul pada orang2 yang Anda sayangi seperti peristiwa Dion ?

Bersambung …

24 thoughts on “Ada Apa Dengan Dion ?

    • Dion jg bukan pahlawan yang harus dikenang seperti pahlawan yang melawan penjajah jaman dahulu.
      Dion hanyalah sosok orang yang mempunyai keberanian bertindak saat dia berada pada posisi yang benar.

  1. Manakala harga diri laki-laki sudah terinjak, dia bisa menjadi seorang yang punya kekuatan dan keberanian untuk membelanya. Apa yang dilakukan Dion kepada Andri adalah sebuah luapan emosi atas perlakuan tidak pantas Andri. Tindakan Dion melepas Tari menurut saya adalah benar. Karena sebagai seorang suami, Dion sudah cukup memberi nasehat kepadanya. Tapi nafsu membutakan Tari dan Andri.
    Pesan buat Dion… lanjutkan hidup… anak dan masa depanmu masih panjang… Jadilah pahlawan untuk anakmu dan hidupmu.

    Selamat hari pahlawan…

    • menyapa Bunda dulu … apa kabar Bunda ?
      Dion punya sejarah perjuangan yang sangat heroik untuk mendapatkan Tari beberapa tahun lalu, namun perjuangan itu akan lebih heroik lagi jika Dion mampu berlapang dada menerima kekalahannya dan melepaskan Tari.
      Tapi disisi lain hanya satu keinginan Dion, “ingin selalu menjadi pribadi yang disukai oleh anaknya” hingga lanjut usia.

    • Terima kasih mas udah mampir kerumah kedua saya,
      semoga artikelnya bisa bermanfaat.
      Dion bukanlah orang yang super koq mas, dia hanya ingin menyelamatkan keluarganya dari lembah nista yang lebih dalam.
      Yang lebih penting lagi kita tidak menjadi seperti mereka, salam kenal brother …

  2. dohhh…di sini jg ada sosok Dion itu mas. mlh sdh melangsungkan prnikahan segala. Tapi masya Allah salut dg suaminya yg mau menerima kembali istrinya..hmmm

    • Terima kasih Pak Dhe.
      Dion hanya mencoba menyelematkan bahtera rumah tangganya tidak lebih dari itu. Berbekal keberanian Dion akan selalu berada pada rambu2 kebenaran …
      Salam hangat balik dari Malang Dhe … Akhirnya Pak Dhe mampir dirumah kedua saya.
      Kunjungan perdana Dhe.

    • Weee ,,, bisa jadi apa sekolah kita tercinta dan yang salah muridnya apa gurunya ya pak?
      Emang selama ini ga ada kerjaan di ruangan bapak?pantesan sering kluar masuk ruang kepsek, ,,, gkkk…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s