Menjadikan Foto Asli ke Vector Cartoon

Ingin punya gambar kartun yang unik ? Apalagi gambar kartun diri sendiri ? Menggambar kartun adalah kegiatan yang menyenangkan, apalagi ada yang berminat atau menyukai gambar kartun buatan kita. Sekarang saya akan memberikan tutorial cara membuat foto asli menjadi kartun vector, software yang saya gunakan adalah Coreldraw X4, tidak terbatas pada versi berapa pun yang penting Coreldraw. Simak caranya seperti dibawah ini, tapi perlu diingat bahwa membuat kartun ini cukup membutuhkan kesabaran.
Langkah awal adalah membuat lembar kerja terlebih dahulu pilih File => New ( Ctrl + N ) dan untuk memasukan gambar atau foto di coreldraw pilih File => Import ( Ctrl + i ). Jangan lupa Lock Object dulu seperti foto saya dibawah, caranya klik kanan pada object gambar atau foto pilih Lock Object supaya gambar atau foto tetap di tempat.
Pertama kita akan membuat bagian rambutnya terlebih dahulu menggunakan bazier tool untuk menyeleksi garis-garis bagian mata, yang perlu diperhatikan untuk pertama kali membuat lengkungan2 garis selalu menggunakan bazier. Tidak harus dari bagian rambut, cari saja bagian yang paling mudah dikerjakan (gambar dibawah).
tutorial 3a

 Lihat juga contoh membuat bagian mata dengan menggunakan Bazier (yang saya lingkari).

tutorial 3b
Lalu buatlah garis dengan beberapa titik membentuk pola rambut menggunakan Bazier, dan untuk membuat lengkungan garis mengikuti bagian rambut agar terlihat halus klik Shape tool klik kanan pada garis pilih To Curve dan drag (gambar dibawah).
tutorial 4
Atau untuk merapihkan klik pada garis titik bagian rambut yang akan dilengkungkan dan klik kanan pilih Smooth (gambar dibawah).
tutorial 6
Langkah berikutnya membuat mata, hidung, mulut, muka, mata juga sama caranya seperti sebelumnya yaitu dengan  menggunakan Bazier, Shape, untuk merapihkan garis gunakan Smooth dan untuk menghilangkan Outline atau garis luar caranya klik kanan pada tanda silang di pallet warna.
Beriktunya adalah pewarnaan, bagi pemula mungkin ini bagian tersulit karena kalau pewarnaannya kurang baik maka hasil gambar tersebut kurang enak dilihat. Untuk mempermudah dalam seleksi pewarnaan jangan lupa jejerkan foto yang asli.
tutorial 7
Klik eyeproder toll – eye proder untuk mengambil sampel warna rambut aslinya, lalu klik pada bagian yang akan diberi warna misalnya pada rambut gambar diatas, maka akan kita temukan pewarnaan dengan kode seperti gambar dipojok bawah (lihat urutan) gambar diatas. Lakukan pewarnaan pada bagian2 yang lain yang akan diwarnai seperti langkah2 diatas sampai selesai.my emo blog
Kalau pewarnaan sudah selesai pada semua bagian, hilangkan gambar yang asli dan yang ada hanya gambar vector yang sudah jadi. Langkah terakhir Klik Export pada menu Bar, Save as type = format gambarnya bisa JPEG, GIF atau yang lainnya. Inilah hasilnya … ganteng kan ? gkkk … Manfaatnya … bisa menghilangkan jerawat juga lho.
Agar gambar lebih enak dilihat tambahkan/ kreasikan sendiri gambar2 lainnya, seperti yang terlihat pada gambar dibawah dengan memberi logo Indonesian Dream Theater Fans Club (IDTFC) pada tas yang saya pakai serta tulisan dibawahnya.
din_k
Catatan :
Diharapkan anda sudah mengetahui dasar-dasar pada CorelDraw, serta mengetahui fungsi Tool dan Layout pada program ini sebelum membuat gambar Vector Cartoon.
[gm_corner]

27 thoughts on “Menjadikan Foto Asli ke Vector Cartoon

  1. fotonya seep mas, tapi rada njlimet ya kalo pake basis vektor, hehe

    saya belum terlalu menguasai corel mas, lebih susah dari sotoshop kayak’e mas, tapi boleh dicoba dulu ^^

    makasih mas udah share

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s