UNGKAPAN HATI PARA PRIA

Selain tertawa, menangis merupakan cara yang paling banyak digunakan kaum wanita untuk mengungkapkan perasaannya. Berbagai riset ilmiah menunjukkan bahwa perempuan menangis 4 kali lebih banyak dibanding pria. Pria, mengaku juga ikut larut saat pertama kali melihat perempuan menangis. Kemudian akan bingung saat menghadapi wanita yang sering menangis. Dan, mulai jengkel jika semua masalah diakhiri dengan tangisan. Jadi, jangan heran jika dia seringkali tak peduli saat Anda menangis. Penasaran ingin tahu apa yang ada di benak si dia saat melihat Anda menangis ? Simak kata hati dari seorang pria ini :

“Kami merasa iri” …

Kata pria: “Semenjak kecil, orangtua kami selalu bilang ‘anak laki-laki tidak boleh menangis’. Kami telah diajarkan bahwa menangis akan menjadikan kami mahluk yang lemah. Itulah alasan mengapa kami tidak senang bermain perasaan. Sebenarnya kami juga bisa menangis. Bedanya, ungkapan perasaan itu kami lakukan di waktu dan tempat tertentu saja. Terkadang kami merasa iri pada perempuan yang bisa menangis saat menceritakan segala permasalahannya. Tak seperti kami yang mesti mengubur perasaan sedih dalam-dalam.” Sampai kapan pun, pria selalu dituntut menjadi sosok yang tegar dan kuat. Kebanyakan orang memang lebih bisa menerima saat melihat perempuan menangis dibandingkan pada saat melihat pria menangis.crying_girl

“Kami bingung” …

Kata pria: “Terus terang, kami sering dibuat bingung dengan kebiasaan perempuan yang mudah menangis. Karena setelah kami amati, mereka tak hanya menangis saat diliputi masalah besar, tapi juga menangis oleh hal-hal yang kami anggap sepele, seperti menonton film drama percintaan. Lebih bingung lagi, jika mereka menangis karena alasan yang tak jelas dan hanya menjawab ‘enggak apa2 kok, cuma ingin menangis saja’. Kami tak bisa membaca pikiran perempuan. Kelemahan inilah yang akhirnya membuat kami bingung untuk menentukan tindakan apa yang bisa kami lakukan untuk membantu dan menenangkan mereka.”

Jadi, jangan salah mengerti bila si dia tak mampu berkata-kata saat melihat Anda menangis. Bukan karena tak peduli, hanya saja pria terkadang tak mengerti apa yang telah membuat Anda menangis. Bagaimana bisa bertindak, mengerti saja tidak. Ingat, mereka berbeda dengan kita. Jangan harap mereka selalu mengerti dengan bahasa isyarat yang kita sampaikan. Straight to the point.

“Kami sangat peduli” ….

Kata pria: “Walau lebih banyak memakai logika, namun kami masih menggunakan 20 persen perasaan dalam menghadapi masalah. Kami juga bisa merasa sedih saat teman perempuan, terlebih pasangan kami, sampai menangis karena suatu masalah yang jelas, bukan semata-mata karena sedang mengalami bad hair day. Apalagi, jika mereka menangis karena tindakan kami yang telah menyakiti hati mereka. Kami pasti akan sangat merasa bersalah jika tak mampu membantu dan menenangkan mereka kembali. Kami bisa menjadi mahluk yang sangat peduli jika memang diinginkan. Pesan untuk para perempuan; menangislah jika memang diperlukan dan jangan berlebihan.”

Intinya, kemampuan untuk menjelaskan duduk permasalahan yang menjadikan Anda sampai menangis ternyata membuat pria tak akan ragu-ragu untuk membantu Anda keluar dari masalah. Apalagi jika merekalah yang telah membuat Anda menangis, tanpa basa-basi, pria yang baik biasanya akan segera minta maaf dan memperbaiki kesalahannya. Jadi, komunikasi yang baik adalah kuncinya.

“Kami jengkel” ….

Kata pria: “Ini adalah hal yang bisa membuat kami tak lagi peduli saat melihat perempuan menangis, pada saat mereka melakukan kesalahan dan menangis saat diminta penjelasan. Jika ini adalah cara perempuan untuk menutupi kesalahannya dan menganggap bahwa tangisan bisa membuat kami bersimpati dan merasa kasihan, mereka salah. Kami tahu bahwa tangisan perempuan bisa sedikit meredakan emosi kami, tapi kalau dalam situasi semacam ini, bisa-bisa emosi kami semakin melonjak dan akhirnya pergi tanpa alasan. Kami menganggap sikap ini cukup kekanak-kanakan. Bagi kami, masalah harus diselesaikan secara dewasa, bukan rengekan.” Ternyata tak semua tangisan bisa menyelesaikan masalah, ya.

Jika memang Anda berbuat salah, cukup akui kesalahan-kesalahan Anda dan minta maaflah. Jangan sekali-sekali mencoba untuk mencari-cari kesalahan mereka jika tak ingin masalah bertambah runyam. Sikap baik untuk tak mengulangi kesalahan ternyata sudah cukup membuat pria mengerti.

Hap, semoga bermanfaat dan dapat membuka pintu hati kita yang telah lama terkunci. Jika terjadi kesalahan / kekurangan dalam tulisan ini semata2 karena keterbatasan saya sebagai seorang Laki-laki.

16 thoughts on “UNGKAPAN HATI PARA PRIA

  1. Oleh sebab itu terkadang laki laki kurang peka terhadap perempuan yang menangis..!!

    KAlo buatku menangis tuh adalah ungkapan perasaan yang tak bisa di ucapkan dengan kata2, hanya dengan menangis bisa menjadi ploong.
    Dan kalo aku menangis, berarti aku lagi bingung, bete, ga tau apa yang harus di lakukan, pengen nangis rasanya. hehe..

    Perempuan menangis bukan berarti cengeng ya, .!
    Tapi karena perempuan mempunya hati yang lembuuut !😛

  2. Hmmmmmm… Membahas tangisan….
    Reaksi laki2 menghadapi tangisan perempuan memang sering salah kaprah. Dalam ketidakmengertiannya, kdg laki2 malah marah atau tdk suka kalau liat perempuan menangis. Tapi disisi lain laki2 senang mrs dibutuhkan oleh perempuan.
    Biarkan kami melepaskan rasa sesak dgn tangisan. Diam lah kalau tak tau hrs berkata apa. Andai mau membantu, belailah kami. Andai tidak, beri kami waktu. Setelah itu, kami akan bisa berpikir lbh baik. Sb sesak sdh terlampiaskan dlm tangis.
    #kayaknya gitu deeh…😀

    • Mantap, ini pasti komentarnya Ibu2 yang lagi seneng narsis, eh salah nangis …
      Laki2 bukannya salah kabrah menghadapi reaksi seorang wanita yg menangis. Karena setiap laki2 mempunyai reaksi yang berbeda2 untuk dapat mengerti seorang wanita yang sedang menangis.
      Semoga kiat2 Bunda diatas jadi bahan pertimbangan juga buat kaum Adam.
      (Ocre Bun ?) Smile you don’t cry … #sambil bawah kain pel …

  3. Mungkin pengertian laki” wanita menangis seperti itu. Berarti kalian belum mengerti isi hati perempuan yang sebenarnya. Intinya perempuan itu sangat peka, mereka orang nya rata” tidak tegaan dan suka sedih bila melihat orang lain sedih, mereka ikut merasakannya. Banyak dh…
    Jadi, memang 2insan yang berbeda bila disatukan pasti sangat sulit untuk menserasikan kemauan mereka…

    • Sebetulnya laki2 juga punya naluri seperti yg mbak ungkapkan, namun disisi lain laki2 jg ingin kejelasan isi hati wanita yg sebenarnya dia menangis untuk siapa, apa dan sebagainya.
      Makasih mbak Frika.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s