Memaknai Tahun Baru 2013

Kenapa banyak orang bahkan sebagian besar bergembira, bersuka ria dengan datangnya tahun baru? Apa yang membuat mereka begitu bahagianya dengan tibanya pergantian tahun? Tidak hanya di Indonesia bahkan di seluruh negara di dunia, semua merayakannya. Padahal pergantian tahun berarti semakin tuanya umur manusia dan semakin tuanya umur bumi dan alam semesta ini. Kalau manusia, bumi dan alam semesta telah tua kan berarti semakin dekatnya dengan yang namanya kehancuran dengan datangnya kiamat. Kiamat. Ya kiamat. Hari di mana alam dan seisinya akan dimusnahkan. Kita harus percaya itu ?

Apa makna tahun baru? Sudahlah kita tak akan membahas itu ya. Nanti malah membuat kita menjadi penakut dan tidak optimis menghadapi hidup. Makna tahun baru bagi sebagian orang (mungkin) adalah adanya perubahan. Karena memang manusia suka perubahan. Manusia itu baru dan sangat suka pembaharuan. Sehingga karena itu manusia merayakannya dengan penuh antusias, penuh optimisme dan penuh semangat di dalam menjalankan hidup. Hidup itu perlu perubahan, perlu inovasi dan perlu variasi. Monoton didalam aktivitas hidup kadang membuat kita bosan dan akhirnya mematikan semangat di dalam beraktivitas sehari-hari.

Di tahun baru ini cobalah kita belajar dari kegagalan, kekurangan dan kekeliruan di tahun 2012. Semua yang terjadi pada tahun sebelumnya harus kita jadikan pelajaran dan peringatan. Agar kita benar-benar bisa menghayati makna tahun baru ini dan memperbaiki serta menyempurnakan apa yang telah kita lakukan. Jika kita belum bisa memahami apa makna tahun baru, jika apa yang terjadi di tahun 2012 masih terjadi juga di tahun 2013 ini, jika keteledoran masih tetap kita lakukan, maka tidak ada gunanya kita hidup didunia ini terlebih merayakan tahun baru.

Saya sendiri tidak terlalu berlebihan dalam memaknai setiap pergantian tahun baru. Namun ada beberapa peristiwa yang membuat diri saya semakin mengerti tentang pelajaran hidup yang saya dapatkan dari tahun2 sebelumnya. Beberapa hal yang paling membuat saya bahagia di tahun ini salah satunya adalah sebagian mimpi2 saya mulai terwujud. Dan Alhamdulillah … tepatnya pada akhir tahun ini tertanggal 31 Desember 2012 saya telah menandatangani kontrak usaha baru saya Monster Juice dengan pihak sekolah, dalam hal ini adalah Bapak kepala SMPN 1 Tumpang Kabupaten Malang sekaligus pimpinan saya dilembaga tempat saya bekerja. Semoga saya bisa menjalin kerjasama yang baik dengan pihak sekolah. Akhirnya makna tahun baru 2013 bagi saya adalah “selalu mensyukuri” terwujudnya mimpi, harapan serta do’a2 saya yang terkabulkan. Dan saya semakin tidak sabar lagi untuk mewujudkan mimpi2 saya yang lain.

Ya Allah … berikanlah kepadaku dan seluruh keluargaku kesehatan, kekuatan iman, kesempatan serta kelapangan rejeki agar aku dapat meningkatkan kualitas ibadahku. Amin

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

18 thoughts on “Memaknai Tahun Baru 2013

    • Makasih mas, sukses juga buat mas Nanang.
      Kalau saya kirim sekarang besok blm tentu bisa nyampe, masalahnya ditengah2 perjalanan monster juicenya udah dicicipi pak pos duluan …
      Nambah pertemanan dari Sulawesi, semoga kpn bisa maen ke Malang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s