Blogger Nusantara 2013, Kopdar Pertamaku

BN2013-270x250

Kopdar adalah kopi darat atau janjian untuk bertatap muka secara langsung disuatu tempat yang sudah disepakati. Dan mayoritas orang yang besepakat melakukan kopdar adalah mereka yang belum pernah bertemu sebelumnya dan mengenal satu sama lain. Hati saya sempat merasa pedih, manakala persahabatan saya dengan sesama blogger hanya sebatas melihat foto2 mereka saat kopdar, mendengar cerita2 saat kopdar ,,, tisu ! mana tisu ? hahaaa lanang koq mewek .. usapi gombal ae.

Lupakan tisu, saya akan berbagi cerita tentang suasana hati saya ketika kopdar untuk pertama kalinya saat ikuti, yakni Kopdar Blogger Nusantara 2013 di Yogyakarta. Meskipun kopdar #BN2013 telah berlalu, namun suasana yang saya rasakan saat bertemu teman2 saya di dunia maya di Yogjakarta masih saya rasakan sampai saat ini.

29 November 2013

Malang

Berbekal informasi dari teman2 blogger, saya berangkat ke Jogja seorang diri dari Malang. Sebelumnya saya sempat menghubungi teman dari komunitas BloggerNgalam, tapi sebagian dari mereka sedang ada kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan. Namun pada kopdar #BN2013 Yogyakarta saya sempat bertemu beberapa teman dari Malang. Perjalanan menuju Jogja ini saya mulai dari rumah dengan diantar adik saya Ari, menuju stasiun Malang. Selang beberapa jam selama perjalanan, saya selalu menghubungi teman2 saya di Jogja seperti Mbak Phie Jatuasri, Mf Abdullah dan satu teman saya di dunia maya Uncle Lozzakbar admin Warung Blogger dan saya lebih suka memanggilnya Cak Lozz. Kami selalu membuat suasana obrolan via telepon selalu hangat padahal saya belum pernah ketemu dengannya. Ohh, Cak Lozz … bayanganku tentang dirimu ternyata benar, dirimu pandai membawa suasana asem menjadi kecut … haha kliru cak … dirimu membawa suasana asem menjadi manis.

Disinilah kebingungan saya dimulai, ketika Cak Lozz yang berangkat bersama teman2 dari Jember, Rz Hakim, Mbak Prit, ViJe, menyampaikan kabar bahwa nama Cak Lozz tidak tercantum pada list peserta yang mendapat jatah tidur di penginapan kawasan hotel Prawirotaman. Lalu Cak Lozz memutuskan untuk gelar tenda di depan alun2 Jogjakarta lalu mengajak saya untuk segera menuju ke alun2. Sedangkan saya harus menunggu beberapa saat di stasiun Tugu Jogjakarta sampai akhirnya saya dijemput (Yanto Bogel) adik sepupu saya. Sayapun bertanya tentang jatah penginapan saya di tempat tujuan kepada teman saya Mf Abdullah, dan nama saya tercantum di penginapan Parikesit. Saya sempat merencanakan jika Cak Lozz tidak mendapat jatah penginapan saya akan mengajaknya tidur dirumah saudara saya. Sesaat kemudian, Cak Lozz mengabarkan bahwa dirinya sudah berada di Blangkon Hotel lalu saya segera menyusul untuk bergabung dengan Cak Lozz, dkk.

Blogger  Yang Tercecer 

Bisa dibilang, saya adalah anggota warung blogger yang sering menanyakan rencana kopdar pra kopdar Blogger Nusantara 2013 yang diadakan oleh komandan Blog Camp Group, Pakde Cholik. Tepatnya di Angkringan depan Kedaulatan Rakyat Mangkubumi. Saya selalu menanyakan kepada beliau berkali2 “Pakde kopdar di angkringan depan KR itu jadi tanggal 28 November kan ? Berkali2 pertanyaan saya sampaikan akhirnya Pakde menjawabnya lewat sebuah status di jejaring sosialnya dengan nada persis seperti apa yang saya sampaikan sambil memberi jawaban, “Lha wong saya berada di Jogja tanggal 29 November koq ada yang ngeyel nanya, Pakde kopdar di angkringan depan KR itu jadi tanggal 28 November kan ? Hehe ..

ronde

Karena ini kopdar untuk pertama kali, ada rasa canggung dan minder kalau harus berangkat sendiri bertemu dengan teman2 saya sampai akhirnya saya menunggu teman saya untuk berangkat bersama2. Sementara itu Cak Lozz berangkat dari Blangkon Hotel yang sebelumnya juga sempat menawarkan kepada saya untuk menuju tempat kopdar digelar, saya mempersilahkan Cak Lozz untuk berangkat duluan karena saat itu saya masih diperjalanan menuju Parikesit Hotel, tempat saya menginap. Setelah bertemu dengan teman blogger saya di Edu Hostel kami langsung menuju tempat Pakde kopdar. Namun ditengah perjalanan Idah Ceris memberi kabar kepada kami, kalau kopdar malam ini tidak sampai larut malam karena ada teman blogger yang membawa anak kecil. Kehilangan momen kopdar bersama Pakde malam itu, tidak menyurutkan niat kami untuk bertemu Pakde esok hari, walaupun akhirnya kami memutuskan untuk menikmati malam disekitar Maliboro. Segernya menikmati wedang ronde dengan kolang kalingnya yang berwarna warni menggantikan rasa lelah kami malam itu.

Kembali menuju Edu Hostel mengantarkan teman saya, kami bilang “malam ini kita adalah blogger yang tercecer”, ingin gabung kopdar dengan Pakde dan teman2 belum bisa keturutan. Semoga besok bisa bertemu Pakde dan teman2 blogger yang lain. Terimakasih Bu Guru Kecil, senang sekali bersahabat denganmu, memaklumi teman dan menghadapi perbedaan.

cerita ini untuk diikutkan dalam Lomba Menulis Kreatif Blogger Nusantara 2013 yang diadakan oleh Mas Ari Es (Yogya)

cerita kopdar #BN2013 berikutnya … Homestay-17

32 thoughts on “Blogger Nusantara 2013, Kopdar Pertamaku

    • Salam kenal balik mas, kemaren sempat saya lihat masnya ninggalin jejak dekat ttd om NhHer.
      Salam juga untuk blogger rembang, kalau ke malang sampeyan kabar2i atau senggol mas Haqqi (ketua BloggerNgalam) kemaren ga’ sempat ke #BN2013.

    • Betul juga mas, kita akan menyatu dalam suasana kopdar.
      Karena cak Lozz juga, saya bisa ikutan gabung di acara kopdar #BN2013 di Jogja.
      Salam kenal mas rosyid, udah mampir ke blognya tapi komennya koq belum bisa masuk ?

    • Iya mas, gpp.
      Kita utamakan dulu mana kegiatan yang lebih penting. Kalau ada waktu mudah2an bisa kopdar dengan teman2 blogger, kita tunggu aja kopdar Blogger Nusantara selanjutnya.

    • Karena si guru kecil, jadi punya cerita tambahan tentang kopdar angkringan.
      Tak lupa berterimakasih kepada-Nya, saya dipertemukan dengan teman2 dunia maya untuk kopdar pertama kalinya.
      Mas Nuzulul kapan ke Malang ?

  1. mas mis (I like thaaat :D…)…aku iri dengan dirimu yang sempet kumpul di angkringaaan “D..kebayang rame dan serunyaa ya…kita ngg sempet banyak ngobrol di #BN2013 but I know you heheheh,,next kopdar moga2 lebih lapang waktunya :D…

    • Waduh, mbak indah blm nyimak cerita bagian bawah, malam itu aku datang di jogja udah malam, ga’ bisa gabung datang ke angkringan tapi muter2 disekitar malioboro…hehe.
      Oke, untuk kopdar berikutnya kita tanya uncle dan admin webe lainnya, semoga bisa ketemu mbak Indah.

    • Meskipun pertama kali kopdar, tapi berkesan juga kan Mel ?
      apalagi di Tembi, ada separuh hatimu yang tertinggal disitu kenapa ga sekalian aja ditinggal semua.
      Kopdar berikutnya harus bisa ngobrol sama artis blogdetik yang satu ini.

Tinggalkan Balasan

