Apa Yang Lebih Menegangkan Saat UNAS ?

Dulu namanya Ebtanas ketika saya duduk dibangku sekolah dasar, seiring perkembangnya wajah dunia pendidikan di Indonesia sekarang Ebtanas berganti UN (Ujian Nasional). Ketegangan yang sempat saya rasakan saat Ujian Nasional sempat menghantui mulai dari kebelet pipis, takut sama pengawas ujian dari luar sekolah atau ketakutan lainnya.

un2014Inilah yang terjadi setiap satu tahun sekali, Ujian Nasional dan Ketegangannya yang sudah satu paket tidak bisa dipisahkan. Ketegangan adalah ketika seseorang tidak mampu mengatasi situasi, selama periode waktu yang mengakibatkan stres. Inilah yang menjadi beban mereka secara mental maupun fisik saat menghadapi Ujian. Ada beberapa faktor yang terjadi pada anak didik disekolah kami akibat ketegangan dan kecemasan yang akhirnya menyebabkan siswa2 disini tidak bisa berkonsentrasi saat menghadapi Ujian Nasioanl seperti faktor keluarga, lingkungan, kelelahan atau faktor dari sekolah sendiri.

Kondisi ketegangan siswa disekolah kami bermacam2, dan ada beberapa siswa yang mengalami ketegangan. Salah satu contoh ketegangan siswa adalah dehidrasi dan selalu merasa haus. Sebagai seorang yang bekerja dilingkup pendidikan, saya ingin memberikan sedikit gambaran di sekolah kami untuk menghindari ketegangan terhadap anak didik yang sedang menghadapi masalah seperti ini. Salah satunya dengan menyediakan galon berisi air minum di kelas masing2, dan bukan air minum gelas kemasan.

Konsentrasi Siswa dalam UN ?

Mungkin sedikit terlihat aneh jika di tiap sudut kelas2 kami terdapat galon air minum. Apakah dengan menghadirkan air minum dikelas akan mengganggu konsentrasi siswa atau jalannya Ujian ? Saya kira semua pihak harus memahami bahwa keberadaan air minum tidak untuk menghalihkan konsentrasi siswa dalam mengerjakan soal2 Ujian. Memang ada kemungkinan minuman itu tidak disentuh sama sekali oleh siswa karena mereka sedang berkonsentrasi penuh atau malah tidak berkonsentrasi sebentar2 mengambil air minum dan ujung2nya pergi ke tolilet untuk buang air kecil. Dalam hal ini ketika peserta didik kami mengerjakan soal latihan Ujian Nasional, rata2 mereka berkonsentrasi penuh terhadap soal2 yang dikerjakan dan sedikit terlihat siswa yang sibuk untuk mengambil air minum. Namun semua kembali kebijakan sekolah masing2, jika dengan disediakan air minum dikelas akan menimbulkan masalah baru mungkin ada cara2 lain untuk mengurangi ketegangan siswa dalam mengerjakan soal Ujian Nasional.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Jika pelaksanaan Ujian Nasional diawasi dengan benar, tidak akan ada kasus sontekan masal atau joki ujian. Sehingga menjadikan Ujian Nasional punya martabat tersendiri dan peserta didiknya lebih terpacu untuk serius belajar.

Silahkan yang punya masukan, apa yang lebih menegangkan dibandingkan saat mengerjakan soal Ujian Nasional dan solusinya.

13 thoughts on “Apa Yang Lebih Menegangkan Saat UNAS ?

  1. dulu pas UN yang paling bikin tegang itu.. nggak ada sih. alhamdulillah mulus, cuma kurang istirahat karna persiapannya full.
    btw, itu galonnya cuco’ banget deeh, heuheu😀

    • maaf mae, komennya masuk spam dulu ..
      Persiapan jelang UN memang dibutuhkan ya mae, dan ini tidak lepas dari peran orangtua/ keluarga yg setiap hari memberikn support agar tenang menghadapi UN.
      be te we .. itu galonnya siswa dikelas bukan untuk bpk/ ibu guru. hehe.

  2. Dulu waktu sebelum UN baik SMP dan SMK kayaknya koq UN itu menegangkan banget. Tapi giliran pelaksanaan soalnya ternyata mudah, hihi. Malah kalo saya pikir sih lebih susah ulangan mid semester deh kayaknya.

    • Wahh hebat dong.
      Memang kemampuan tiap siswa berbeda2, dan miftah memiliki kemampuan lebih untuk mengerjakannya.
      Sukses ya, semoga bukan hanya UN yang mudah dilewati tapi ujian2 yang ada bisa dilewati dgn mudah.
      Salam dari Malang ..

    • Ada wacana memang UN ditiadakan mas, tapi untuk sekolah dasar. ngga’ tau tu apa yg m’jadi ukuran hingga unas ditiadakan, mungkin mutu pendidikan di negeri ini dirasa sudah meningkat atau malah ambless … salam dari Malang mas.

  3. wiih..kelasnya bersih n rapiii… *salahfokus
    hm, menyediakan minuman itu salah satu upaya meredakan ketegangan siswa ya? bagus… semoga berhasil & UN nya sukses..🙂

    • UN dan mencontek ibarat dua sisi mata uang logam, keduanya tidak bisa dipisahkan. Untuk itu perlu pengawasan yg lebih teliti agar UN berlangsung lancar dan tidak terjadi contekan masal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s