Eco Mobil di SMPN 1 Tumpang

Eco Mobil

Eco Mobil

Untuk pertama kalinya SMP Negeri 1 Tumpang kedatangan Tim Edukator Tunas Hijau dengan Mobil Lingkungan Hidup Keliling atau Eco Mobil PJB (Pembangkitan Jawa Bali). SMPN 1 Tumpang adalah sekolah Adiwiyata, setelah sebelumnya lolos sebagai sekolah Adiwiyata di tingkat Kabupaten lalu ke tingkat Propinsi, dan saat ini sedang mempersiapkan diri untuk menuju sekolah Adiwiyata ke tingkat pusat atau nasional.

Tujuan kedatangan Eco Mobil ini untuk menambah sarana belajar tentang lingkungan kepada siswa di SMPN 1 Tumpang serta untuk mengedukasi siswa tentang arti penting melestarikan lingkungan hidup di sekitar sekolah. Mengingat sekolah ini ini adalah salah satu sekolah yang berwawasan ekologi di Kabupaten Malang.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Kami ingin memberikan sedikit informasi tentang mobil ini, pertama dari sisi kiri kap mobil berisi perpustakaan mini. Dalam perpustakaan mini ini terdapat berbagai buku2 literatur tentang alam dan lingkungan. Dari sisi atap mobil ada panel tenaga surya atau yang biasa disebut Sel fotovoltaik, yaitu teknologi yang digunakan untuk mengubah energi matahari langsung menjadi tenaga listrik. Sel fotovoltaik adalah perangkat nonmekanis yang biasanya terbuat dari silikon alloy.

Kemudian dari sisi kap kanan mobil berisikan media display seperti alat praktik penghitungan cahaya, mainan panel surya, dan lampu hemat energi serta beberapa poster hasil karya pemenang lomba. Dan, dari sisi belakang mobil dilengkapi sebuah mini teather yang memutar beberapa film tentang pendidikan lingkungan.

Kami sempat bertanya kepada mas Zamroni, salah satu tim edukator senior Tunas Hijau, rencananya Eco Mobil ini akan mampir di dua sekolah untuk setiap harinya. Mengingat Rute Eco Mobil akan berkeliling ke sekolah-sekolah di seluruh Jawa Timur setiap harinya mulai dari tingkat SD hingga SMA. Eco Mobil ini juga bermanfaat untuk menanamkan pendidikan peduli lingkungan sejak dini.

Dibeberapa sudut terlihat sejumlah siswa sedang melihat cara kerja robot yang digerakkan dengan energi surya yang ditunjukkan oleh tim edukator Tunas Hijau dari tim Mobil Edukasi. Ada juga beberapa siswa yang bermain ular tangga dengan gambar menarik yang berkaitan dengan wawasan lingkungan. Tim edukator juga memberikan pengetahuan lingkungan tentang energi surya kepada sejumlah siswa di SMP Negeri 1 Tumpang. Lalu sebagian siswa juga berkesempatan memberikan suguhan drama dengan berlatar belakang Panggung Boneka.

Besar harapan semoga kegiatan ini bisa memberikan pengetahuan kepada siswa dan masyarakat umumnya tentang pentingnya menjaga kelestarian serta menyelematkan lingkungan. So, itulah beberapa ulasan dari kami tentang kedatangan Mobil Lingkungan Hidup Keliling atau Eco Mobil PJB (Pembangkitan Jawa Bali) yang mampir di sekolah Adiwiyata,  SMP Negeri 1 Tumpang – Kabupaten Malang.

Let’s make Adiwiyata as our environment.

19 thoughts on “Eco Mobil di SMPN 1 Tumpang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s