Belajar Fotografi Still Life Menggunakan Kamera Ponsel

Fotografi bukanlah sekedar aplikasi. Jika ingin menekuni dengan serius diperlukan pemahaman dasar fotografi agar memotret menghasilkan kualitas foto yang bagus, meskipun hanya diambil dari kamera handphone. Tak perlu berkecil hati untuk mendapatkan kualitas foto yang bagus hanya dengan berbekal kamera ponsel.

Pada tulisan ini saya akan membahas beberapa tips untuk menghasilkan foto menggunakan kamera ponsel. Ada banyak sekali aplikasi fotografi yang tersedia di smartphone Android melalui Google Play Store dan di iOS ada App Store. Fitur yang tersedia didalamnya juga sudah sangat cukup untuk kebutuhan fotografi, seperti edit dan langsung dibagikan ke akun jejaring sosial. Ada banyak sekali jenis/ macam2 fotografi seperti Human Interest Photography, Landscape Photography, Macro Photography, Still Life Photography, Portrait Photography, Aerial Photography, Stage Photography, Wildlife Photography, Street Photography, Journalism Photography, dan masih banyak lagi.

Saya akan memberikan beberapa tips memotret melalui jenis Still Life Photography. Still Life Photography adalah jenis fotografi yang menggambarkan benda mati, tanpa ada unsur objek benda hidup didalamnya. Still yang artinya diam atau mati, dan Life berarti hidup yang dalam hal ini life memberi kehidupan pada benda mati yang kita foto. Ada beberapa faktor yang sangat berpengaruh mengapa foto still life bisa menarik. Tips yang saya gunakan bukanlah hal yang mutlak atau dikhususkan untuk fotografi, namun teknik ini saya sampaikan sebagai dasar untuk mendapatkan kualitas foto yang bagus. Berikut beberapa tips sebelum memulai berkreasi dengan Fotografi Still Life. 

  1. Kreatif

Sebagai langkah awal Anda bisa memanfaatkan ruangan secukupunya dirumah dengan beberapa properti yang diperlukan dalam pemotretan still life. Mulailah dengan menempatkan meja mendekatkannya ke sumber cahaya alami, bisa di dekat jendela atau menggunakan lampu tambahan. Jangan lupakan background sederhana untuk memberikan efek latar belakang foto yang bagus. Jangan mudah menyerah, karena Anda harus berpikir sangat kreatif untuk mendapatkan foto2 still life yang menarik.

  1. Pilihan Subjek

Sebagai langkah awal gunakanlah subjek tunggal sebelum nanti menggabungkannya dengan beberapa subjek lainnya. Jika Anda sudah menguasai pengambilan gambar dengan subjek tunggal, selanjutnya bisa dicoba dengan menggabungkan beberapa elemen tambahan untuk membuat foto still life kita semakin menarik. Perlu diperhatikan bahwa semua elemen tambah sebaiknya memiliki hubungan yang bisa menggambarkan sebuah pesan, rasa atau cerita pada foto Anda.

img_9556

  1. Pencahayaan

Bila kita tidak mendapatkan cahaya alami atau cahaya yang datang dari arah jendela, manfaatkanlah benda apa saja yang menghasilkan cahaya. Kita semua tahu bahwa lampu set studio perlu anggaran yang tidak sedikit alias mahal. Karena ini adalah awal untuk belajar still life, nggak ada salahnya menggunakan peralatan sederhana seperti lampu belajar sebagai pencahayaan.  Dengan lampu belajar kita akan memiliki kontrol penuh dan leluasa memindahkan / mencari pencahayaan yang tepat untuk memotret still life bahkan dengan satu tangan. Pastikan Anda mencoba beberapa posisi arah caya, karena tidak semua cahaya yang datang dari depan menghasilkan hasil foto yang bagus. Untuk menambah efek bayangan Anda bisa merubah2 posisi cahaya seperti dari samping, belakang atau atas.

img_9551

  1. Gunakan Tripod dan Angle

Dengan menggunakan tripod kita akan lebih leluasa memotret menggunakan shutter speed yang lambat, agar bisa mengambil lebih banyak cahaya jika memotret dalam ruangan. Butuh atau tidak menggunakan tripod tergantung pada situasi pencahayaan. Namun saya akan merekomendasikan agar Anda menggunakan tripod. Memotret bukan hanya dari satu sudut, berkreasilah dan teruslah memvariasikan sudut2 atau ketinggian2 posisi pengambilan saat akan melakukan shot. Untuk pengambilan angle, jangan terfokus pada satu sisi pengambilan saja.

img_9679

  1. Komposisi

Bagian yang penting dalam menghasilkan karya foto yang menarik dalam fotografi still life adalah komposisi. Terapkan aturan sepertiga bagian atau Rule of Third. Rule of Third adalah garis bantuk membagi frame foto menjadi sembilan bagian sama besar, dengan menarik dua garis sejajar secara horisontal maupun vertikal. Aturan pertiga bagian ini selalu digunakan untuk membuat kompsisi yang kuat, meskipun bukan aturan yang mutlak dijalankan namun Rule of Third sangat membantu untuk mendapatkan foto yang pas dalam frame foto.

img_9553

Fotografi Still Life lebih ditekankan untuk memberikan kedalaman visual. Tambahan beberapa elemen yang disandingkan dengan subjek utama haruslah bisa menyampaikan cerita yang berkaitan dengan subjek utama. Ingat, jangan memaksa atau memasukkan unsur tambahan lain jika justru akan mengacaukan subjek utama Anda. Berkreasilah untuk memasukan atau menghilangkan beberapa bagian dari elemen2 yang tidak diperlukan.

  1. Inspirasi

Mempelajari hasil karya orang lain akan membantu Anda untuk belajar tentang bentuk dan warna. Mempelajari bagaimana bentu, warna bekerjasama dengan unsur2 lain dalam foto still life. Mulailah dengan mencari beberapa inspirasi seperti melihat karya orang lain, mengikuti seminar fotografi, bertemu langsung dengan para fotografer profesional. Jangan malu untuk bertanya. Mudah2an cara ini bisa memberikan ide tentang bagaima Anda bisa menghasilkan foto still life yang menarik. Ingat ! bedakan antara mencari inspirasi dengan mencuri karya orang lain. Meskipun mengambil ide orang lain berkarya dan berbanggalah dengan karya orisinil Anda, ide serupa hasil tak sama.

  1. Sumber penghasilan

Jika Anda menemuki dunia fotografi, hadirnya internet sangat mendatangkan banyak keuntungan. Tak perlu menjajakan hasil karya foto Anda berkeliling mencari orang/ perusahaan untuk melirik foto still life Anda. Internet sudah memudahkannya untuk itu semua. Banyak sekali situs2 online sebagai tempat untuk menjual karya Anda seperti di Photo Stock. Tanpa kecuali untuk foto2 still life pada saat ini banyak sekali dibutuhkan untuk keperluan perusahaan2, majalah, konten2 online dan lain2. So, tunggu apalagi niatkan berkarya untuk berbagi dengan orang lain, jadikan fotografi still life selain sebagai hobby juga bisa menjadi sumber penghasilan.

Berikut beberapa hasil foto still life menggunakan kamera ponsel iPhone 4s, dengan menggunakan aplikasi gratisan dari App Store Manual Shot.

img_9681

img_3482

img_5941

Iklan

One thought on “Belajar Fotografi Still Life Menggunakan Kamera Ponsel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s