Profil Sekolah

smpn 1 tumpang

SMP Negeri 1 Tumpang terletak di wilayah kabupaten Malang, yaitu 22 km sebelah timur kota Malang, di jalan Malangsuko 22 Tumpang, desa Malangsuko, kecamatan Tumpang, kabupaten Malang. SMP Negeri 1 Tumpang berdiri sejak tahun 1961, luas lahan 7.795 m2, jumlah rombel 27 kelas yang terdiri dari 22 kelas reguler dan 5 kelas bilingual, semuanya masuk pagi. Kurikulum berbasis kompetensi, yaitu kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) program pembelajaran terdiri dari kelas VII, VIII, dan IX dengan metode pembelajaran aktif berbasis ICT dan CTL. Rata-rata NUN input sedang, rata-rata lulusan 3 tahun terakhir 99% melanjutkan ke SMA dan SMK negeri dan swasta, akreditasi terakhir tahun 2010 predikat A. Prestasi yang diraih adalah sebagai berikut : penghujung tahun 2010 mengirimkan atlet pada Porkab Malang III dan menyumbangkan 7 emas, 6 perak dan tiga perunggu sehingga kecamatan Tumpang menjadi juara umum, dalam ujian nasional tahun 2010/2011 3 siswa masuk the best ten peringkat 2, 3, dan 8, juara 1 spech contest kabupaten Malang tahun 2001 dan maju ke tingkat Jawa Timur, 4 atlet mengikuti Porprov III di Kediri tahun 2011 dan menyumbangkan 1 perak dan 1 perunggu. Jumlah tenaga kependidikan staf TU 18 orang dan tenaga pendidik 52 orang dengan kualifikasi S1 dan 1 orang S2 serta 21 guru sedang menempuh pendidikan S2. Yang telah lulus sertifikasi pendidik sebanyak 31 orang. Pekerjaan orang tua siswa 80% petani dan swasta, selebihnya pegawai negeri dan pensiunan.
Dunia pendidikan, sebagai komponen integral dari kehidupan manusia, tak diragukan lagi, memberikan kontribusi yang besar dalam pembangunan suatu negara secara keseluruhan. Pembangunan pendidikan yang dilaksanakan dengan baik dan konsisten tentunya akan mendukung pembangunan di sektor-sektor lainnya, karena output dari pembangunan di bidang pendidikan yang berhasil adalah pelaku-pelaku pembangunan (agent of development) yang telah siap secara intelektual dalam membangun negaranya.
Dengan melihat keaktifan dan minat bakat siswa, maka diperlukan suatu kurikulum yang dapat membentuk siswa yang berprestasi, berbudaya dan berwawasan global serta dapat bersaing di era globalisasi yang semakin berkembang dengan ditunjang fasilitas yang ada di sekolah, kondisi lingkungan sekolah dan ketersediaan tenaga pendidik yang berkompeten.

A. VISI SEKOLAH
Karena visi merupakan citra moral yang mengambarkan profil sekolah yang diinginkan di masa depan, maka sesuai dengan perkembangan sekolah, di mana SMP Negeri 1 Tumpang yang pada tahun pelajaran 2011/2012 dalam status Sekolah Standar Nasional (SSN) yang telah mengahkiri tahun ke 3 (tiga), maka rumusan Visinya telah dikembangkan/disesuaikan dengan tantangan yang dihadapi serta tetap berwawasan global. Untuk itu Visi SMP Negeri 1, yaitu: “Berprestasi, berbudaya, dan berwawasan global”.

Adapun indikator visinya adalah :

  1. Taat beragama ( Spiritual Question )

    Lab Bahasa SMPN 1 Tumpang

  2. Cerdas berfikir ( Inteligensi Question )
  3. Cerdas individu dan sosial ( Emotional Question )
  4. Memiliki budaya ketimuran.
  5. Mengangkat budaya lokal.
  6. Menjadi juara nasional dan internasional.
  7. Berbahasa Inggris aktif dan tulisan.
  8. Memiliki skill ICT.

B. MISI SEKOLAH
Untuk merealisasikan visi sekolah, maka SMPN 1 Tumpang menentukan langkah-langkah strategis yang dituangkan dalam misi sekolah, yaitu :

  1. Taat beragama ( Spiritual Question )
    1.1. Menciptakan sikap dan perilaku yang taat beragama.
    1.2. Menciptakan insan yang berakhlak mulia
  2. Menciptakan pola pikir cerdas dan rasional.
  3. Menciptakan perilaku individu dan sosial yang baik dan akuntabel.
  4. Menciptakan budaya luhur.
  5. Mengangkat budaya lokal.
    5.1. Menciptakan kreasi budaya lokal.
    5.2. Menciptakan perilaku yang cinta lingkungan.
  6. Menciptakan juara akademik dan non akademik tingkat nasional dan internasional.
  7. Menciptakan kemampuan berbahasa Inggris aktif dan tulis.
  8. Menciptkan penguasaan ICT.

C. TUJUAN SEKOLAH
Berdasarkan visi dan misi yang telah dirumuskan, serta sesuai dengan tujuan pendidikan dasar yang telah ditetapkan oleh pemerintah, yaitu meletakkan dasar-dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian akhlak mulia serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan sebagai bekal mengikuti pendidikan lebih lanjut, maka SMP Negeri 1 Tumpang mengembangkan tujuan-tujuan yang akan dicapai secara bertahap sesuai dengan Program Kerja Sekolah, dalam jangka waktu satu tahun pelajaran yang akan datang (2011/2012) dan pada tahun-tahun pelajaran selanjutnya. Adapun tujuan sekolah tersebut yaitu :

  1. Peningkatan dan pengembangan perangkat kurikulum SMP Negeri 1 Tumpang beserta kelengkapannya, yaitu silabus, RPP dan sistem penilaian.
  2. Menghasilkan siswa-siswi yang berkepribadian .
  3. Pengembangan dan peningkatan proses pembelajaran berbasis kontekstual dengan keunggulan metode, strategi, bahan dan sumberbelajaar yang variatif.
  4. Peningkatan hasil belajar melalui program pembelajaran yang unggul dan kegiatan lomba akademik dan non akademik.
  5. Peningkatan profesionalisme dan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan
  6. Memenuhi tata kelola dan pengadaan media, sarana dan prasarana pendidikan yang berkualitas.
  7. Memenuhi tata kelola administrasi yang baik, berimplementasi MBS.
  8. Memenuhi tata kelola program sumber dana pendidikan yang transparan dan akuntabel bersama Komite Sekolah.
  9. Memenuhi tata kelola perangkat evaluasi pendidikan secara lengkap dan dapat diterapkan dengan tepat serta memadai.
dekstop smp

logo sekolah

Kelulusan sekolah adalah lulus 100% setiap tahunnya, dan pada tahun pelajaran 2010/2011 ada 3 siswa yang masuk peringkat 2, 3, 8 kabupaten Malang. Untuk memotivasi terwujudnya target kelulusan di atas dilakukan layanan-layanan pembelajaran antara lain pelaksanaan pembelajaran yang aktif, pendalaman materi melalui tugas terstruktur dan tugas mandiri, serta diadakan kegiatan yang meliputi bimbel peningkatan mutu yang dilaksanakan setiap sabtu dengan durasi 4 jam pelajaran dan pada akhir bulan diadakan try out dan sekolah melaporkan hasilnya ke orang tua. Kegiatan yang tak kalah penting dalam mempersiapkan ujain nasional adalah diadakan bimbel sukses UAN yang dilaksanakan sekitar bulan Oktober dan berakhir bulan April saat siswa ujian bimbel ini dilasanakan pada hari senin sampai kamis setelah PBM. Kegiatan tambahan jam pelajaran ini bertujuan meningkatkan prestasi ujian nasional (rata-rata diatas 8) dan meningkatkan peringkat di kabupaten malang (menjadi 3 besar). Selain bimbel sukses UAN ada upaya lain yang dilakukan oleh sekolah untuk mempersiapkan ujian nasional yaitu pelajaran tambahan selama 2 jam hari senin sampai kamis untuk seluruh kelas 9, bimbel sabtu untuk kelas 7, 8 dan 9 selama 4 jam pelajaran, dan pelajaran tambahan 4 mapel kelas bilingual (7A, 7B, 8A, 8B, dan kelas 9A ) setelah PBM.

(Tim Pengembang KTSP Negsat)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s